Connect With Us

youtube logo 2   

Sejarah HMTK

Berdirinya Program Studi S-1 Teknik Kimia pada periode dasawarsa 1960-an,

mahasiswa Teknik Kimia mulai kesulitan mengeluarkan aspirasi dalam hal

perkuliahan maupun segala sesuatu yang terkait administrasi dan lain – lain

dengan birokrasi jurusan, fakultas, maupun universitas.

Read more

Visi dan Misi HMTK 2015

Visi : Mewujudkan HMTK 2015 yang harmonis dan dinamis sebagai sarana

pengembangan diri dalam riset teknologi serta pribadi yang berkarakter dengan

berlandaskan iman dan taqwa demi terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi

Read more

Penutupan POR Tekim

penutupan por           Pada  hari Kamis, 17 Desember 2015, Departemen Minat Bakat dan Kegemaran HMTK Universitas Diponegoro mengadakan acara “Tekim Cafe : Penutupan POR Tekim 2015 Lets Get Sweaty” di LapanganVoli Gedung C Teknik Kimia Undip dengan tema Sporty . Acara dimulai pukul.18.00 sore.Antusiasme para undangan yang sangat besar, mampu menghapus keraguan panitia yang semula takut acara tidak akan berlangsung sesuai harapan.

Acara dimulai dengan pembukaan dari MC 2014, yang kemudian menyerahkan seluruh rangkaian acara kepada MC dari 2015. Dilanjutkan dengan pembukaan band dari Mikat, sambutan Ketua Panitia, sambutan Ketua HMTK 2015 dan sambutan dari Sekeretaris Jurusan Teknik Kimia. Setelah sambutan-sambutan diberikan, acara dilanjutkan dengan penampilan dari club seni peran Teknik Kimia Undip UNSUR, club seni tradisional Teknik Kimia Undip CHEMETRAD, penampilan band-band angkatan 2105, 2014, 2013, 2012, 2011dan pembacaan nominasi untuk memeriahkan suasana acara. Bahkan perwakilan jurusan yang hadir ikut menyumbangkan suara emasnya dalam acara ini.

Acara ditutup dengan penampilan CHEERS dan penyalaan kembang api yang sangat memukau. Dari adanya acara ini, sekaligus menutup rangkaian POR Teknik Kimia UNDIP dan diharapkan semakin mempererat rasa kekeluargaan di dalam Teknik Kimia serta sebagai bentuk hiburan dan refreshing menjelang UAS di Teknik Kimia. Selamat Menjalankan UAS!!!

POR TEKIM 2015

Untitled

POR Tekim 2015 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Undip ini berlangsung mulai tanggal 19 November 2015 hingga 10 Desember 2015. Pada POR Tekim kali ini terdapat 7 cabang perlombaan antara lain bulutangkis, futsal, sepak bola, voli , portrad, tenis meja dan basket. Tiap angkatan dari angkatan 2011 hingga 2015 wajib mengirimkan delegasinya untuk mengikuti tiap cabang lomba yang diadakan.

POR Tekim dibuka pada tanggal 19 November 2015 bertempat di lapangan voli teknik kimia, Undip. Diawali dengan sambutan dan dengan simbolis dinyalakan obor POR Teknik Kimia oleh tiap perwakilan angkatan. Setelah pembukaan langsung dilanjutkan dengan cabang portrad panco yang dipertandingkan untuk tiap angkatan.  Pertandingan terakhir diadakan pada tanggal 10 Desember 2015 dengan cabang Tenis Meja dilakukan di Stadion Undip.

POR Teknik Kimia bertujuan selain untuk ajang olah raga, juga diharapkan mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa di Teknik Kimia Universitas Diponegoro juga sebagai sarana berkumpul satu warga teknik kimia Undip. 

WORKSHOP PUBLIC SPEAKING DAN PERSONAL BRANDING 2015

         public speaking   

     Komunikasi merupakan hal pokok yang perlu diperhatikan dalam rangka aktualisasi diri. Dengan meningkatkan kualitas diri dalam berkomunikasi, akan menambah nilai plus dan meningkatkan daya saing. Salah satu ketrampilan yang diperlukan mahasiswa ialah kemampuan untuk melakukan public speaking, yang mana kemampuan ini akan menunjang kemampuan akademis yaitu dalam penyampaian ide serta gagasan. Hal ini yang mendasari diadakannya kegiatan workshop bertajuk Public Speaking and Personal Branding yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro 2015 bekerja sama dengan PT Astra International Tbk.

         Workshop yang diadakan pada hari Minggu, 6 Desember 2015 di Aula Dekanat Fakultas Teknik lantai 3 ini berisi dua materi utama, yaitu Personal Branding dan Public Speaking. Materi Personal Branding disampaikan oleh Bapak Ronggur C. Saragih, S.Si., M.M. dari Astra Credit Company Jawa Tengah. Sedangkan materi Public Speaking disampaikan oleh Bapak Abdul Rachman, trainer dari PT. Astra Inernational Tbk. Kedua materi tersebut disampaikan dengan sangat interaktif oleh para pembicara dan mampu membangun motivasi serta kepercayaan diri peserta untuk memperbaiki teknik komunikasi yang mereka miliki. Sebagai hiburan, terdapat pula penampilan dari CHEERS dan pembagian doorprize dari panitia.

KULIAH TAMU FMCG

kultam fmcg            Pada hari Jumat, 11 Desember 2015, telah dilaksanakan Kuliah Tamu dengan Tema “FMCG (Fast Moving Consumer Goods) Life, Find and Pursue Your Dream”. Acara ini berlangsung pada pukul 12.30-16.40 WIB di ruang A22 Teknik Kimia Undip dengan peserta mencapai 103 mahasiswa. Pembicara kali ini adalah Prita Issolikha Wijayanti, S.T., M.T. Beliau adalah alumni teknik kimia angkatan 2008 yang sekarang bekerja pada bagian R&D for Export Outside Outside South East Asia-Australia PT Unilever Indonesia.

         Susunan acara kuliah tamu ini yaitu pembukaan, sambutan ketua panitia dan ketua umum HMTK, perkenalan moderator dan pembicara, penjelasan materi, sesi tanya jawab, penyerahan sertifikat dan plakat, serta penutupan. Acara ini dimoderatori oleh Ricky Sudiantoro. Secara keseluruhan, FMCG membahas mengenai berbagai macam bahan kehidupan sehari-hari seperti alat pembersih, produk laundry, obat-obatan, alat perawatan tubuh, makanan, dan lain-lain. Dijelaskan pula mengenai pentingnya FMCG serta prospek kerjanya. Banyak pula perusahaan yang bergerak di bidang ini antara lain Loreal, Coca Cola, Pepsico, Unilever, Nestle, P&G, dan lain-lain.

Page 1 of 30

Website resmi

Teknik Kimia Universitas Diponegoro

http://tekim.undip.ac.id/

Sistem Informasi Akademik FT

(SIA-FT) Universitas Diponegoro

https://sift.undip.ac.id/login.php

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia