Connect With Us

 

KRITIK & SARAN

Sejarah HMTK

Berdirinya Program Studi S-1 Teknik Kimia pada periode dasawarsa 1960-an,

mahasiswa Teknik Kimia mulai kesulitan mengeluarkan aspirasi dalam hal

perkuliahan maupun segala sesuatu yang terkait administrasi dan lain – lain

dengan birokrasi jurusan, fakultas, maupun universitas.

Read more

Visi dan Misi HMTK 2015

Visi : Mewujudkan HMTK 2015 yang harmonis dan dinamis sebagai sarana

pengembangan diri dalam riset teknologi serta pribadi yang berkarakter dengan

berlandaskan iman dan taqwa demi terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi

Read more

Teknik Kimia Peduli 2015

TKP 1    TKP 3

TKP 2

Pada bulan Mei-Juni 2015 telah diadakan acara Teknik Kimia Peduli 2015 yang ditujukan kepada Mahasiswa Teknik Kimia Undip, warga Desa Mluweh, serta siswa SDN Desa Mluweh. Kegiatan yang mengusung tema “Saling memberi, Berbakti, Memberi Arti” ini diadakan di Desa Mluweh, Kecamatan Ungaran Timur, Semarang.

 

Kegiatan ini terdiri dari Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan (10 Mei 2015). Bentuk kegiatannya berupa pemberian bantuan berupa sembako dan pemeriksaan gratis. Acara ini dihadiri sekitar 80 warga Desa Mluweh. Kegiatan selanjutnya adalah Bakti Lingkungan dan Create Product. Kegiatan ini berupa bersih-bersih Desa Mluweh dilanjutkan dengan pemuatan pupuk organik dan selai kulit pisang yang bertujuan untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan serta memberikan pengetahuan tentang teknologi sederhana dan  mengoptimalisasi sumber daya yang ada di Desa Mluweh. Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan acara puncak yaitu Bakti Pendidikan (9 Juni 2015) yang dihadiri oleh seluruh siswa-siswi SDN Desa Mluweh serta mahasiswa Teknik Kimia Undip. Pada Bakti Pendidikan ini HMTK Undip bekerjasama dengan biro Al-Fikri, Kinetika, Oxygen-16, club CESTR, CEEC, Chemetrad, Unsur, CHEERS, dan juga dengan Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HIMAKU) Undip. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pihak sponsorship (PKPU Semarang). 

 

Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan baik. HMTK Undip mengucapkan terimakasih atas seluruh pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam acara ini. Teknik kimia Jaya!

 

 

 

 

Diskusi Ilmiah (DI)

DI 1

Diskusi Ilmiah Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa(PKM) 5 Bidang diadakan

pada hari Minggu tanggal 14 Juni 2015 dengan pembicara yaitu Roqy Haedar(2010) dan Fahmi Arifan, ST, M.Eng. Acara ini dihadiri oleh 43 peserta. Dengan susunanacara absensi, pembukaan, diskusi Ilmiah, sesi tanya jawab dan penutupan. Materi pertama disampaikan oleh Roqy Haedar tentang PKM 5 bidang. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yangdibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan danKebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimilikimahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmudan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Tentunya dalam menghasilkan sebuah PKM ada kendala-kendala seperti kurangnya ide, kesibukan dan belum menemukan waktu yang tepat untuk mengirim PKM. Ide dalam PKM sendiri tidak harus baru, sah-sah saja untuk memodifikasi penelitian yang sudah ada seperti misalnya alat filter air. Hak milik produksi dari PKM ada pada perorangan, bagi yang mau melanjutkan untuk seterusnya bisa diterapkan dalam masyarakat untuk kesejahteraan bersama.

 

Materi kedua disampaikan oleh Fahmi Arifan, ST, M.Eng, membahas tentang jenis-jenis PKM. PKM memiliki 7 jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan, Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).PKM-P merupakan program penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara 2 atau lebih faktor. Outputnya adalah publikasi.PKM-T adalah program bantuan teknologi atau manajemen atau lainnya. PKM-K adalah program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Outputnya adalah memberikan suatu nilai produk.PKM-Mprogram bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat dll.PKM-KC adalah program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototype dan sejenisnya. Outputnya adalah draft paten.PKM-AI adalah program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya.PKM-GTadalah program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide tau gagasan kelompok mahasiswa.

 

 

CESTR Goes To Competition (CGTC)

CGTC1

CGTC2

CGTC3

CESTR Goes To Competition (CGTC) dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juni 2014. CGTC diselenggarakan untuk menambah wawasan anggota CESTR tentang kompetisi-kompetisi di bidang Riset yang diselenggarakan di dalam ataupun luar negeri.  Acara yang diikuti oleh 46 Peserta dengan pembicara Denny Firmansyah, Indra Riyadi, Rahman Dzikri Bijak dan Muhammad Alver ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan susunan acara Pembukaan, Sambutan Ketua Umum HMTK 2015, Materi pertama yang disampaikan oleh Denny Firmansyah, Materi kedua yang disampaikan oleh Indra Riyadi, Materi ketiga yang disampaikan oleh Rahman Dzikri Bijak, Materi keempat yang disampaikan oleh Muhammad Alver, dan selanjutnya penutup.

Materi pertama dengan tema Chemical Product Design Competition (CPDC) membahas tentang sejarah lomba yang diadakan di Univesitas Indonesia (UI), penjelasan tentang kompetisi, peserta kompetisi, mekanisme kompetisi, dan hadiah bagi para juara. Selanjutnya membahas tentang Indonesia Chemical Engineering Challenge (IChEC) yang diselenggarakan di ITB. Kompetisi yang terdiri dari 3 jenis lomba ini tingkat seAsia Tenggara. Mas Denny juga menjelaskan tentang kompetisi Perancangan Pabrik Kimia tingkat dunia yang seleksinya dibagi menjadi 3 regional yang diadakan oleh perusahan Konsultan Proses Dunia. Materi kedua yang disampaikan oleh Mas Indra bertemakan National Safety Competition yang diadakan di Universitas Gajah Mada. Kompetisi ini dimulai pada bulan Desember. Dengan finalnya pada bulan Desember. Disini dijelaskan tentang mekanisme kompetisi dan hadiah bagi para juara. Mas Indra juga membahas tentang CERCo, yang diadakan oleh Teknik Kimia Universitas Diponegoro. Tentang mekanisme kompetisi, sejarah diadakannya kompetisi ini, pergantian nama kompetisi, juara-juara CERCo dan kendala beberapa Universitas yang tidak mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Materi ketiga tentang Kaderisasi Riset Di Fakultas Teknik. Dimulai dari Pemula riset yaitu Mahasiswa Baru, Pembina Riset yaitu Mahasiswa tingkat 2, dan Motivator Riset yaitu Mahasiswa Tingkat 3. Materi Keempat yaitu Kaderisasi Riset di Teknik Kimia Undip sebagai salah satu lembaga riset terbaik di Undip (CESTR). Dijelaskan mengenai tujuan, pencapaian, focus kompetisi, program kerja, SIC dan SOC di CESTR.

YES WE 'RE 3

10686657 10204173687293391 4985871868367231566 n

11236470 10204173564010309 2232655213258636563 n

11264813 10204173549769953 938412495626840746 nYes We’re, kata yang sudah tidak asing lagi dikalangan mahasiswa Teknik, terutama Teknik Kimia. Kegiatan yang diadakan oleh Departement Kesejahteraan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro kini memasuki tahun yang ke-3. Yes We’re jilid 3 ini dikemas dalam format seminar dengan tema entrepreneurship danlomba business plan dengan tema technopreneurship. Acara ini dikemas dalam bentuk seminar untuk membahas beberapa paparan konsep yang nantinya akan dibahas secara mendalam oleh setiap pembicarayang hadirdanbagaimanaparapengusahamemulaibisnis yang dijalaninyasertapresentasi rancanganbisnisparapeserta lomba.

Acara pertama diisi seminar motivasi dengan pembicara Hasanuddin Hady Kusuma, owner of Freshasan yang berbagi inspirasi dan tips-tips menjadi entrepreneur muda sukses. Acara kedua yaitu seminar oleh Tri Wahyudi, S.T. Pemenang wirausaha muda mandiri sekaligus owner of Khatulistiwa Tour and Travel. Acara terakhir yaitu presentasi akhir Business Plan Competition masing-masing kelompok yang sudah lolos dari beberapa tahap, antara lain pengumpulan kanvas dan seleksi proposal yang telah dinilai oleh juri yaitu Bapak Susatyo Nugroho Widyo Pramono, S.T., M.M., Prof. Ir. Purwanto, DEA, dan  Tri Wahyudi, S.T. Pengumuman pemenang Business Plan Competition diumumkan hari itu juga. Perlu diketahui juga Yes We’re jilid 3 ini lebih sukses daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan adanya inovasi, kerjasama yang baik antar panitia, dan konsep acara yang lebih matang.

Daftar pemenang Business Plan Competition yaitu:

Juara 1 : Lyan Dea Sagita dan Tim dengan judul “BOOSTER : Organic Starter and Biofertilizer”. Memperoleh seftifikat + Trophy + Uang Tunai  Rp. 3.000.000,00

Juara 2 : Riang Anggraini Rahmanisa dan Tim dengan judul “Begedhang Nugget”. Memperoleh sertifikat + Trophy + Uang Tunai Rp. 1.000.000,00

Juara 3 : Albert Iskandar Koeswoyo dan Tim dengan judul “SINRA HANDSHOP” Sabun Cair Alami dari Limbah Kulit Rambutan sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Memperoleh sertifikat + Trophy + Uang Tunai Rp. 750.000,00

Page 1 of 25

Website resmi

Teknik Kimia Universitas Diponegoro

http://tekim.undip.ac.id/

Sistem Informasi Akademik FT

(SIA-FT) Universitas Diponegoro

https://sift.undip.ac.id/login.php

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia